Langkah langkah penerapan SEO onpage pada website anda...
Apakah sebenarnya SEO ONPAGE ITU?
SEO ONPAGE: Langkah peng OPTIMAL an Website agar mudah dipahami oleh mesin Pencari, salah satu nya melalui PEMBUATAN ARTIKEL DAN KONTEN yang RELEVAN dengan kata kunci yang DI TARGET KAN.
Inti dari on-page SEO sederhana…
…anda akan mengoptimasi website agar:
- Bermanfaat tinggi bagi pengunjung
- Memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi
- Pengunjung merasa betah di dalamnya
- Mesin pencari mengerti struktur website anda
Setelah membaca 4 poin tersebut, anda mungkin akan bertanya,
“Saya kan optimasi untuk mesin pencari, kenapa malah fokus ke pengunjung?”
Jawabannya, ini…
Mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.
Bayangkan kalau anda mencari sesuatu di Google, kemudian masuk ke salah satu website. Ternyata isinya tidak memuaskan.
Kemungkinan besar setelah sekian detik anda akan klik tombol ‘back’ untuk mencari website lain. Ya kan?
Karena Google tentunya ingin menampilkan website-website yang memuaskan pengguna, maka website anda harus memuaskan pengunjung.
.
-SEO ONPAGE,
Komponen Halaman Website yang Optimal
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website. Kita akan bahas satu per satu dari setiap kategori berikut:
- Konten
- Keyword
- Judul
- URL
- Meta description
- Media gambar
- Outbound link
- Internal link
- Social sharing
Keyword yang populer dan tepat sasaran
Coba ingat kembali terakhir kali ketika anda menggunakan Google…anda menulis beberapa kata sebagai keyword-nya.
Kemudian Google menampilkan hasil yang berkaitan dengan keyword tadi.
Semakin relevan dengan keyword, semakin tinggi peringkatnya.
Jadi, mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keyword.
Setiap halaman di website anda harus dioptimasi paling tidak untuk 1 kata kunci.
Caranya?
Dengan menyertakan keyword dalam halaman website anda.
Tepatnya di dalam konten, di judul, dan di URL.
Dengan demikian, mesin pencari dan pengunjung akan langsung memahami apa isi dari halaman website anda.
Judul halaman yang mengundang klik
Cara termudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda incar.
Misalnya keyword “cara mendidik anak menurut islam”, maka judulnya mengandung kata “cara mendidik anak menurut islam”.
Tapi itu saja belum cukup…
…yang terpenting dalam judul bukan optimasi keyword, tapi optimasi terhadap ketertarikan manusia.
Apabila judul yang anda buat mampu menarik banyak pengunjung, maka peringkatnya akan naik.
Logikanya begini:
Misalkan ada 2 website yang bersaing, di peringkat 1 dan 2.
Ternyata peringkat 2 lebih banyak mendapatkan pengunjung daripada peringkat 1…karena judul yang dia buat lebih menarik, sehingga banyak yang klik.
Google ingin mengutamakan hasil terbaik, maka website di peringkat 2 akan dinaikkan ke peringkat pertama.
Masuk akal?
Karena judul adalah elemen halaman yang paling pertama dibaca di hasil pencarian, maka dengan mengoptimasi judul jumlah klik bisa bertambah.
Google mengikuti perilaku manusia…
Manusia akan mengeklik judul yang lebih menarik…
Maka kalau manusia menganggap artikel kedua lebih baik, maka Google akan menaikkan peringkat artikel tersebut jadi ke peringkat satu.
Itu logikanya, sekarang kita lihat caranya.
Misalkan kalau anda search di Google dengan kata kunci “cara mengusir lalat”, kemudian di peringkat 1-3 ada artikel berjudul seperti ini:
- 5 Cara Mengusir Lalat
- 5 Cara Praktis untuk Mengusir Lalat dari Rumah dalam 30 Menit
- Tutorial Tips Cara Mengusir Lalat Secara Alami Terbaru Terlengkap
Judul artikel pertama…biasa.
Format penulisan judul seperti nomor 1 terlalu standar, tidak ada faktor X yang membuat orang lain tertarik untuk membaca.
Sekarang kita lihat judul kedua:
Ada kata-kata seperti “praktis” dan “dalam 30 menit”.
Dari judulnya kita bisa membayangkan bahwa artikel kedua punya nilai lebih dari artikel pertama. Kalau saya cuma boleh baca 1 artikel, saya akan pilih yang kedua.
Judul pertama itu ibarat makan tahu.
Judul kedua ibarat makan tahu + kecap.
Manusia yang melakukan pencarian di Google selalu ingin solusi terbaik dan termudah dari permasalahan mereka.
Inilah yang harus kita tawarkan.
Karena itu, di judul harus ada “kecapnya”.
TAPI bukan hanya judulnya saja…
Artikel anda juga harus ada kecapnya.
Kalau anda menulis seperti contoh di atas (tips praktis 30 menit), maka isinya juga harus sesuai dengan judulnya. Jangan membohongi pembaca.
IDE UNTUK MEMBUAT JUDUL DAN ARTIKEL?
Untuk pembuatan Judul, Konten dan Kata kunci, kita bisa mengambil dari DATA yang sudah ada untuk kita analisa.
disini akan muncul kata kunci dan rata rata hasil pencarian per bulan.
Tugas kita: Membuat JUDUL dan KONTEN yang menarik dengan METODE A.T.M ( Amati, TIRU, Modifikasi ).
Jadi jangan asal COPAS FULL Artikel, lebih baik ditulis ulang sesuai dengan Pemahaman kita, tanpa merubah INFORMASI yang terkandung di dalamnya.
Optimasi Image Yang di Gunakan
Tips Optimasi Image:
1. Gunakan image kualitas bagus, clear, ngga blur, dan sesuai konten.
2. Resize image yang digunakan. Biasanya ukuran lebar maksimal 800 pixel sudah cukup.
3. Optimasi ukuran file image. Selain di resize, optimasi juga ukuran image anda. Semakin kecil semakin bagus. Anda bisa gunakan layanan online seperti tinypng.com
4. Gunakan nama file image sesuai keyword artikel.
5. Setting Alt image saat posting di artikel, gunakan keyword+deskripsi image singkat untuk Alt image.
6. Isi caption image sesuai keyword dan isi image.
7. Isi deskripsi image jika perlu.
Kenapa image perlu di optimasi?
Google Image search merupakan salah satu search engine yang banyak digunakan juga. Selain itu, banyak topik yang memunculkan hasil pencarian berupa image terlebih dulu, baru hasil pencarian artikel.
Misalnya saja di kata kunci desain rumah minimalis. Hasil pencarian diawali dengan hasil image terlebih dulu.
Langkah-langkah optimasi di atas bisa memperbesar peluang merangking image yang anda gunakan di google image search, dan juga di google.com
SETELAH STEP BY STEP SEO ONPAGE DILAKUKAN,
Barulah di optimasi dengan SEO OFFPAGE. ( Salah satunya dengan penanaman BACKLINK BERKUALITAS )